Kamis, 19 Juli 2012

Contoh Pola Makan

Apa kabar mahyuliansyah, 2 hari yang lalu saya mengatakan bahwa sebaiknya kalau mahyuliansyah ingin menurunkan berat badannya, maka sebaiknya makan dengan frekuensi lebih sering. Porsi diperkecil dan frekuensi yang lebih tinggi ini akan membuat metabolisme tubuh mahyuliansyah akan lebih aktif, sehingga pembakaran lemak akan terjadi. Bagaimana contohnya? Makan sering dalam porsi yang dibagi: Sarapan (7.00) 1 Omelet telur atau telur rebus 2 potong roti gandum utuh/ 1 cup oatmeal Snack Pagi: (10.00) 1 buah apel/jeruk/pir Makan Siang (13.00) 1 ons dada ayam/ikan/daging sapi utuh 1 cup nasi coklat (brown rice)/ nasi merah 1 cup sayuran Snack Siang (16.00) 1 potong roti gandum utuh/ ½ cup oatmeal 1 potong ikan/daging panggang Makan Malam: (19.00) 1 ons dada ayam/ikan/daging sapi utuh 1 cup sayuran Sebelum Tidur (21.00) Susu Tinggi Protein rendah lemak dan gula mahyuliansyah bisa lihat dari menu contoh tersebut bahwa kita tidak mengurangi konsumsi ikan, ayam dan daging. Protein di dalam ayam, ikan, dan daging tidak akan membuat mahyuliansyah gemuk. Yang perlu diwaspadai adalah konsumsi gula dan karbohidrat yang terlalu banyak. Perlu diperhatikan, beberapa orang bertanya kepada saya bahwa mereka tidak bisa mengikuti jam-jam pola makan yang saya berikan. Saya ingin menggarisbawahi bahwa jam yang saya tulis disini hanyalah sebagai patokan saja. Boleh disesuaikan dengan kondisi mahyuliansyah karena kegiatan sehari-hari tiap-tiap orang pasti berbeda kan:) Yang paling penting adalah bahwa dengan makan 'lebih sering' maka tubuh mahyuliansyah akan aktif mencerna. Proses mencerna yang sering ini yang akan mengaktifkan kembali metabolisme tubuh mahyuliansyah. Banyak orang yang mengatakan kepada saya 'saya tidak lapar koq disuruh makan?'. Saya mengatakan bahwa, 'tidak lapar itulah bukti bahwa metabolisme kamu memang lambat dan itu yang harus dirubah, dipercepat supaya pembakaran lemak terjadi'. Semoga panduan ini bisa bermanfaat buat mahyuliansyah dalam menurunkan berat badan mahyuliansyah. Email berikutnya akan saya jelaskan konsep dasar kenapa makan 5-6x sehari malah membuat tubuh kita membakar lemak. Denny Santoso, S. Kom, Certified Sport Nutritionist www.DuniaFitnes.com Follow Twitter @dennysantoso untuk tips2 DIET terbaru. Kenongo 4, Malang, East Java 65141, INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar